Berikut ini contoh Soal Latihan UAS atau Pepenilaianan Akhir Semester 1 IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013
1. Selain Indonesia, Negara yang mempunyai kekayaan hutan terbesar di dunia adalah
a. Brazil dan Australia
b. Brazil dan Bangladesh
c. Brazil dan Zaeire
2. Tari Pendet berasal dari daerah
a. Bali
b. Aceh
c. Jawa Timur
d. Sulawesi Tenggara
3. Negara yang pendapatan nasional per kapita-nya tinggi dikategorikan sebagai negara ... .
a. maju
b. dunia ketiga
c. berkembang
d. gagal
4. Negara-negara yang sedang berkembang sering disebut juga dengan istilah negara ... .
a. maju
b. dunia ketiga
c. industri
d. gagal
5. Negara maju yang sumber daya alamnya terbatas tetapi sumber daya manusianya bermutu dan berkharisma adalah.
a. Amerika Serikat c. Jerman
b. Australia d. Jepang
Lanjutan contoh Soal Latihan UAS atau Pepenilaianan Akhir Semester IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013
6. Negara-negara di Asia yang dikelompokkan sebagai negara maju yakni ... .
a. Jepang dan Indonesia
b. India dan Pakistan
c. Cina dan Malaysia
d. Jepang dan Korea Selatan
7. Salah satu ciri utama acara ekonomi negara-negara maju yakni adanya komersialisasi bi-dang pertanian. Yang bukan merupakan tujuan komersialisasi bidang pertanian yakni ... .
a. ekspor
b. penggunaan bibit unggul
c. industri pertanian
d. mengisi lahan yang kosong
8. Indonesia menyediakan jalur pelayaran internasional untuk dilewati kapal-kapal bahari dari negara lain, yaitu.
a. Selat Sunda c. Selat Malaka
b. Selat Bali d. Jawaban a,b, dan c benar
9. Dalam bidang kependudukan, yang sanggup dijadikan sebagai tolok ukur kemajuan suatu negara yakni ... .
a. penduduknya padat di wilayah pedesaan
b. pendapatan per kapita tinggi
c. tingkat pengangguran tinggi
d. tingkat buta abjad tinggi
10. Negara di Asia Tenggara yang dikelompokkan sebagai negara industri gres yakni ... .
a. Indonesia
b. Filipina
c. Myanmar
d. Singapura
Lanjutan contoh Soal Latihan UAS atau Pepenilaianan Akhir Semester IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013 tahun 2016 2017 2018 2019
11. Berdasarkan ciri atau karakteristiknya, negara memberikankut tidak tergolong negara maju, yaitu.
a. Australia c. Kanada
b. Perancis d. India
12. Salah satu ciri utama negara berkembang dalam bidang pertanian yakni ... .
a. berorientasi ekspor
b. sudah memakai mesinisasi
c. padat karya
d. padat modal
13. Di bidang ketenagakerjaan, sebagianbesar pen-duduk negara maju mempunyai tenaga kerja ... .
a. terdidik
b. tidak terdidik
c. terlatih
d. terdidik dan terlatih
14. Angka ajal bayi di negara berkembang dan negara ndeso yakni ... .
a. rendah
b. tinggi
c. sedang
d. rendah sekali
15. Perang Pasifik yang menjadi bab dari Perang Dunia II, yaitu diawali dengan kejadian ... .
a. pendudukan Saipan di Kepulauan Marina
b. penyerbuan Jepang terhadap semenanjung Korea
c. penyerbuan Jepang terhadap wilayah Asia Tenggara dan Cina
d. penyerangan Jepang atas mula dan akaran Ang-katan Laut Amerika Serikat.
Lanjutan contoh Soal Latihan UAS atau Pepenilaianan Akhir Semester IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013 tahun 2016 2017 2018 2019
16. Semangat chauvinistis yang digencarkan Jerman mempunyai pengertian ... .
a. kesetiaan berludang kecepehan pada negara sendiri
b. pemberian negara terhadap rakyatnya
c. keamanan bagi sebuah negara
d. kemampuan ekonomi negara
17. Kudang kecepejaksanaan kependudukan yang sering ditempuh oleh negara-negara berkembang pada umumnya yakni ….
a. menghambat kecepatan pertumbuhan penduduk
b. melaksanakan urbanisasi
c. menghapus kemelaratan
d. pembangunan di segala bidang
18. Pandangan Jerman dan Italia yang membang-gakan kekuatan militernya disebut ... .
a. fasisme
b. irredente
c. keamanan bagi suatu negara
d. merkantilisme
19. Tujuan diberlakukannya sistem ekonomi Gerakan Benteng adalah....
a. memajukan perusahaan daerah
b. memmemberikankan kredit lunak untuk para pengusaha pribumi
c. melindungi pengusaha pribumi dari persaingan dengan pengusaha nonpribumi
d. memmemberikankan kemudahan bea ekspor bagi pengusaha non pribumi
20. Salah satu isi Perjanjian Postdam 1945 yakni ... .
a. demiliterisasi angkatan perang Jerman
b. penyerahan Pulau Kuriel dan Sakhalin kepada Rusia
c. mengadili tiruana tokoh fasis yang dianggap sebagai penjahat perang
d. pengawasan Italia oleh pasukan Amerika Serikat
Lanjutan contoh Soal Latihan UAS atau Pepenilaianan Akhir Semester IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013 tahun 2016 2017 2018 2019
21. Beberapa negara blok fasis yang terlibat dalam Perang Dunia II antara lain ... .
a. Jerman, Italia, Belgia
b. Italia, Jerman, Inggris
c. Jerman, Italia, Jepang
d. Jerman, Prancis, Inggris
22. Salah satu hasil yang tertuang dalam Perjanji-an San Fransisco 1952 antara lain ... .
a. Jepang harus membayar biaya perang kepada Sekutu
b. Jepang harus memmemberikankan kemerdekaan kepada tiruana bekas wilayah jajahannya
c. mengadili tiruana penjahat perang
d. Jepang harus memperbaiki kerusakan mula dan akaran Angkatan Laut Amerika Serikat
23. Beberapa pulau di Indonesia yang termasuk wilayah I knorma dan akhlak pendudukan Jepang antara lain ... .
a. Jawa dan Madura
b. Sumatera dan Jawa
c. Kalimantan dan Sulawesi
d. Sumatera dan Kalimantan
24. Barisan pelajar sekolah lanjutan bentukan pemerintah pendudukan Jepang di Indonesia yakni ... .
a. seinendan
b. keibodan
c. gakutokai
d. jawa hokokai
25. Perhatikan pernyataan-pernyataan memberikankut!
1). perbedaan kebutuhan dan kepentingan setiap penduduk
2). adanya pertumbuhan penduduk
3). adanya perbedaan kondisi antarwilayah
4). penyebaran penduduk yang tidak merata
5). kondisi struktur penduduk yang kurang menguntungkan
Dari lima pernyataan di atas, yang merupakan sumber duduk masalah kependudukan yang diakibatkan oleh pertumbuhan penduduk adalah….
a. 1) c. 3) dan 4)
b. 2) d. 4) dan 5)
Lanjutan contoh Soal Latihan UAS atau Pepenilaianan Akhir Semester IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013 tahun 2016 2017 2018 2019
26. Gerakan Tiga A dipimpin oleh... .
a. Ir. Soekarno
c. K.H. Mas Mansyur
b. Syahrir
d. Mr. Syamsudin
27. Pada tanggal 8 Maret 1942, pemerintah Hindia Belanda mengalah kepada Jepang di ... .
a. Karawang b. Kalijati
c. Tuntang d. Tasikmalaya
29. Pada tanggal 8 Desember 1941, Jepang menye-rang Pearl Harbour di Hawaii, sebuah mula dan akar-an bahari milik negara ... .
a. Inggris b. Belanda
c. Amerika Serikat d. Jerman
30. Setelah Gerakan Tiga A dianggap tidak mengun-tungkan, maka organisasi tersebut oleh Jepangdibubarkan. Sebagai gantinya dibuat organisasi ... .
a. Putera b. Parindra
c. MIAI d. Masyumi
31. Salah satu organisasi keagamaan yang dibi-arkan berkembang oleh Jepang yakni ... .
a. MIAI b. Muhamadiyah
c. Masyumi d. Nahdlatul Ulama
32. Perhatikan pernyataan memberikankut!
1). Diperkenalkan oleh Menteri Perekonomian Iskaq Cokroadisuryo pada masa Kabinet Ali Sastroamijoyo I tahun 1954
2). Bentuk kolaborasi ekonomi antara pengusaha pribumi dan nonpribumi.
3). Menekankan pada kudang kecepejakan Indonesianisasi yang mendorong tumbuh dan berkembangnya pengusaha-pengusaha swasta nasional pribumi.
Sistem ekonomi yang sesuai dengan pernyataan tersebut, ialah ....
a. sistem ekonomi Gerakan Benteng
b. sistem ekonomi Rencana Soemitro
c. sistem ekonomi Ali-Baba
d. system ekonimi Gunting Syafrudin
33. Pemimpin-pemimpin di bawah ini pada mulanya melaksanakan seni administrasi kooperasi dengan pemrintah Jepang, kecuali ... .
a. Ir. Soekarno
b. Drs. Moh. Hatta
c. Sutan Syahrir
d. Mr. Achmad Subarjo
34. Tujuan Jepang membentuk Seinendan yakni ... .
a. melatih para perjaka supaya sanggup memper-tahankan tanah airnya dengan kekuatan sendiri
b. melatih para perjaka supaya arif meng-olah kekayaan alam
c. melatih para perjaka supaya sangat andal menggu-nakan senjata
d. melatih para perjaka untuk berperang
35. Perhatikan beberapa sekolah tinggi tinggi memberikankut!
1). Universitas Gadjah Mada
2). Universitas Andalas
3). Universitas Padjajaran
4). Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
5). Universitas Nasrani Indonesia
6). Akdingin dan damaii Pelayaran
Dari beberapa perguruan tinggi di atas, perguruan tinggi yang didirikan
pada masa awal kemerdekaan yakni ….
a. (1)
b. (2)
c. (3) dan (4)
d. (5) dan (6)
Lanjutan contoh Soal Latihan UAS atau Pepenilaianan Akhir Semester IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013 tahun 2016 2017 2018 2019
II. Jawablah Pertanyaan di bawah ini
1. Mengapa Indonesia sampai saat ini belum dikelompokkan sebagai salah satu negara maju di dunia?
2. Jelaskan potensi kekayaan sumber daya alam Indonesia dalam mendukung Indonesia menjadi negara maju.
3. Jelaskan kondisi hubungan Indonesia dengan salah satu negara maju di dunia dalam aspek ekonomi dan politik!
4. Apa hubungan antara Dekrit Presiden 1959 dengan berakhirnya masa Demokrasi Liberal?
5. Mengapa perjuangan inventarisasi, dokumentasi, dan penelitian warisan budaya nasional perlu dilakukan?
loading...
---------------------------------------------------------
Advertisement